Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..

Monday, 23 August 2010

Jumlah Penduduk NTT 4,7 juta orang

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Kabupaten Sikka penduduk terbanyak di luar Pulau Timor
Kupang, NTT Online - Kepala BPS Provinsi NTT, Poltak Sutrisno Siahaan mengatakan, Berdasarkan Sensus Penduduk 2010, jumlah penduduk NTT sebesar 4.679.316 orang yang terdiri atas 2.323.534 laki-laki dan 2.355.782 perempuan.
Hal ini disampaikannya saat jumpa pers tentang hasil sensus penduduk 2010 Selasa (17/8) di Kupang.
"Penyebaran penduduk Provinsi Nusa Tenggara Timur masih bertumpu di Kabupaten Timor Tengah Selatan yakni sebesar 9,41 persen, kemudian diikuti oleh Kabupaten Belu sebesar 7,53 persen, Kota Kupang sebesar 7,17 persen dan kabupaten-kabupaten lainnya di bawah 7 persen.
Sumba Tengah, Sabu Raijua, dan Sumba Barat adalah 3 kabupaten dengan urutan terbawah yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit yang masing-masing berjumlah 62.510 orang, 73.000 orang, dan 111.023 orang,"urai Siahaan.


Sedangkan Kabupaten Sikka merupakan kabupaten yang paling banyak penduduknya untuk wilayah di luar pulau Timor, yakni sebanyak 300.301 orang.

Dengan luas wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur sekitar 49.852,14 kilo meter persegi yang didiami oleh 4.679.316 orang maka rata-rata tingkat kepadatan penduduk Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah sebanyak 94 orang per kilo meter persegi Kabupaten/Kota yang paling tinggi tingkat kepadatan penduduknya adalah Kota Kupang yakni sebanyak 2.093 orang per kilo meter persegi sedangkan yang paling rendah adalah Kabupaten Sumba Timur yakni sebanyak 33 orang per kilo meter persegi.

Sex ratio penduduk Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah sebesar 99, yang artinya jumlah penduduk perempuan 1 persen lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk laki-laki.

Sex ratio terbesar terdapat di Kabupaten Sumba Barat yakni sebesar 108 yang berarti jumlah penduduk laki-laki 8 persen lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk perempuan.

"Sex ratio terkecil di Propinsi NTT terdapat di Kabupaten Lembata yakni sebesar 89,"jelas Siahaan.

Manurut Siahaan, laju pertumbuhan penduduk Provinsi Nusa Tenggara Timur per tahun selama sepuluh tahun terakhir yakni dari tahun 2000-2010 sebesar 2,10 persen.

Kota Kupang adalah yang tertinggi Laju pertumbuhan penduduk dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Nusa Tenggara Timur yakni sebesar 3,56 persen, sedangkan yang terendah di Kabupaten Ende yakni sebesar 1,16 persen.

Kabupaten Timor Tengah Selatan walaupun jumlah penduduknya yang paling banyak namun dari sisi laju pertumbuhan penduduk adalah terendah kedua setelah Kabupaten Ende yakni hanya sebesar 1,26 persen.

walaupun Kabupaten Timor Tengah Selatan jumlah penduduknya yang paling banyak namun dari sisi laju pertumbuhan penduduk adalah terendah kedua setelah Kabupaten Ende yakni hanya sebesar 1,26 persen.

"Sedangkan Sumba Tengah walaupun menempati urutan terakhir dari jumlah penduduk tetapi laju pertumbuhan penduduknyamasih diatas laju pertumbuhan penduduk Provinsi Nusa Tenggara Timur yakni hanya sebesar 2,33 persen,"pungkas Siahaan.

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Jumlah Penduduk NTT 4,7 juta orang | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---