Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..

Sunday, 25 September 2011

Geladi Penanggulangan Bencana Gempa Tsunami di Maumere

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Kabupaten Sikka pada 24-28 September menjadi tuan rumah nasional Geladi Penanggulangan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Kegiatan ini difasilitasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka dan BPBD NTT. Geladi penanggulangan bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan bagi masyarakat, aparat pemerintah dan non pemerintah pada semua tingkatan khususnya kabupaten dan Propinsi NTT terhadap ancaman gempa tsunami serta membangun komitmen bersama untuk meningkatkan upaya pengurangan resiko bencana. Geladi yang diikuti BPBD dari sejumlah kabupaten di NTT dimulai Sabtu (24/9/2011) bertempat di aula Hotel Silvia dengan agenda hari pertama Pra Latihan.


Mewakili Kepala BNPB, Direktur Kesiapsiagaan Ir. Bernardus Wisnu Widjaja,M.Sc secara resmi membuka Pra Latihan Geladi Posko Penanggulangan Bencana di aula Hotel Sylvia, Maumere, Flores. Tiga kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (24/9/2011) adalah persiapan yang meliputi perencanaan Evakuasi Mandiri , Geladi Posko dan Geladi Lapangan.

Sejumlah nara sumber BNPB ikut memberikan pemaparan terkait geladi penanggulangan bencana. Kesempatan itu dijelaskan berbagai macam hal tentang ancaman dan bahaya kejadian hingga pengurangan resiko. Selain dibuka sesi tanya jawab, dijelaskan pula hal-hal penting mengenai pedoman komando saat tanggap darurat dilokasi bencana, tata cara pemberian bantuan dan pemenuhan kebutuhan dasar saat darurat bencana.

Sejumlah undangan ikut hadir dalam Pra Latihan ini antara lain Direkur Tanggap Darurat, Ir.Tri Budiarto,M.Si, Direktur Bantuan Darurat, Brigjen TNI DMP Nainggolan, SIP, Kepala BPBD NTT Tiny Thadeus,SH dan Kepala BPBD Sikka Z.H.Siku, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Suhardjono, serta tamu undangan lainnya dari Pemerintah Pusat, Pemprov dan Kabupaten Sikka, Lembaga Internasional, TNI, SAR, Tagana dan sebagainya.

Kesempatan ini diadakan Pra Latihan Geladi Posko (Pos Komando) dan Pra Geladi lapangan. Geladi Posko dimaksud untuk melatih kesigapan mengambil langkah-langkah dan operasi awal yang cepat dan terarah agar tak gagap dalam membantu masyrakat yang sedang dilanda bencana. Geladi Posko ditujukan bagi aparat di lapangan dari perangkat pemerintah desa, kelurahan dan kabupaten serta unsur pemerintah lainnya. Geladi Lapangan dititkberatkan pada kesigapan awal membantu dan menyelamatkan korban dilapangan baik lewat operasi darat, laut dan udara.

***
Ir. Bernardus Wisnu Widjaja,M.Sc yang didampingi Kepala BPBD Sika Ir. Z.H.Siku saat bertemu sejumlah media di Maumere Jumat (23/9/2011) menjelaskan, aktivitas penanggulangan bencana akan ditunjukan oleh BNPB diantaranya melibatkan unsur TNI yang siaga memarkir kapal perang KRI di laut Flores untuk evakuasi ,pemberian bantuan dan operasi darurat. Ia menggambarkan, selain unsur pemerintah dan TNI, aksi Tim SAR juga akan ditunjukan dalam operasi darat, laut dan udara. Termasuk pengerahan helikopter dalam operasi pemberian bantuan, evakuasi korban ke titik aman dan pengerahan ambulans untuk menolong korban usai evakuasi dari helikopter. Dalam simulasi ini pun akan kerahkan rumah sakit lapangan dari Kostrad Divisi II Malang untuk menolong korban evakuasi. Kerja sama dengan dinas sosial daerah juga diaktifkan dalam upaya membantu korban seperti menyiapkan dapur-dapur umum, kendaraan dapur umum dan penampungan pengungsi. Semua akan ditunjukan dalam simulasi tsunami ini hingga pada tahap perbaikan darurat. BNPB juga akan turut bekerja sama dengan pihak Telkom untuk mengatasi masalah komunikasi dalam situasi bencana dengan mengaktifkan jalur telpon selular dalam radius 10 Km.


Kegiatan sosialisasi dan geladi di Kabupaten Sikka akan dilakukan pada 9 kelurahan dan 4 kecamatan yakni Wai Oti, Wailiti, Wairotang, Beru, Kota Baru, Wuring, Kabor, Kota Uneng, Ds Wolomarang serta 4 kecamatan yaituh Alok Timur, Alok Barat, Alok dan Paga.

Penyelenggaraan geladi posko dan geladi lapangan di Maumere, Kabupaten Sikka, NTT merupakan geladi menghadapi ancaman gempa bumi dan tsunami melibatkan kementerian/lembaga termasuk TNI/Polri dan pemangku kepentingan yang meliputi asosiasi pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, organisasi profesi dan pihak swasta, media serta publik yang luas dalam penanggulangan bencana. Kegiatan ini dirangkaikan dengan bakti sosial dalam bentuk pelayanan dan perbaikan lingkungan untuk mengurangi kerentanan bencana.

Dipilihnya Maumere, NTT sebagai tempat latihan Geladi Penanggulangan Bencana kali ini sangat beralasan. Sebab daerah ini termasuk rawan terhadap bencana alam gempa bumi tektonik maupun gempa vulkanik. Seperti diketahui, Pualu Flores pernah dilanda bencana gempa yang diikuti terpaan gelombang tsunami dalam petaka nasional gempa Flores tanggal 12 Desember 1992 yang merenggut nyawa lebih dari 2000 orang.

***
Agenda 26 September 2011 : Pelaksanaan Geladi Posko meliputi Persiapan Pelaksanaan, Pelaksanaan Geladi Posko Move 1, Pelaksanaan Geladi Posko Move 2, Pelaksanaan Geladi Posko Move 3, Pelaksanaan Geladi Posko Move 4, Evaluasi, Deabriefing, Evaluasi Tim AAR/ Obseverser.

Agenda 27 September 2011 : Latihan Masyarakat – Evakuasi Mandiri meliputi Kejadian Gempa Bumi, Masyarakat Melakukan Evakuasi Mandiri, Masyarakat Berkumpul di Titik Kumpul, Masyarakat Dibawa Ke Lapangan Kota Baru, Pendataan Pengungsi dan Pembagian Kosumsi, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Agenda 27 September 2011: Malam Syukuran di Wailiti Beach Hotel.

Agenda 28 September 2011 : Pelaksanaan Geladi Lapangan.

foto: Wisnu Wijaya (BNPB) didampingi Kepala BPBD Sika Z.H.Siku

wwwinimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Geladi Penanggulangan Bencana Gempa Tsunami di Maumere | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---