Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..

Thursday, 18 April 2013

Lima Destinasi Menggiurkan di Lio!

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Paga Beach
Destinasi dibentangan wilayah Lio Kabupaten Sikka merupakan salah satu tujuan wisata yang pantas dinikmati. Destinasi menggiurkan ini sebagian besar belum dikelolah secara maksimal. Mirip dengan tempat-tempat lain diwilayah Kabupaten Sikka, obyek wisata disini masih tertidur dan sangat alamiah. Bahkan ada beberapa destinasi yang menguras tenaga karena medan yang begitu berat. Diwilayah ini terdapat puluhan tempat wisata baik bahari, alam dan budaya. Bentangan wisata yang sangat menarik digeluti ini tersebar di tiga kecamatan beretnis Lio yakni Kecamatan Paga, Mego dan Tanawawo. Wilayah yang dihuni etnis Lio di selatan Kabupaten Sikka tersebut berbatasan dengan Kabupaten Ende. Lio merupakan bagian dari enam etnis besar yang mendiami wilayah Kabupaten Sikka, Flores, NTT. Lantas apa destinasi wisata yang patut dicoba??

1 Pantai Koka di Paga.
Salah satu pantai terindah di tubuh molek Flores pantas untuk didatangi, memiliki pasir putih, ombak dan pemandangan yang indah. Pantai Koka berada di  Desa Wolowiro, Kecamatan Paga. Berjarak sekitar 40 Km dr Kota Maumere. Pemandangannya keren dan pantas dinikmati.
Tapi akses jalan masuk sepanjang 2,5 Km masih rusak parah, namun ini yang menarik. Menikmati kecantikan, butuh perjuangan, betul?

2. Pantai Paga.
Terletak disepanjang perjalanan dipesisir selatan Kabupaten Sikka, di Kecamatan Paga. Pemandangannya sangat memanjakan mata. Disini juga bermukim beberapa warung makan dengan tawaran ikan laut pantai Paga yang terkenal sangat gurih.

3. Nuabari,
Kuburan Batu Salah satu destinasi yang pantas didatangi adalah lokasi kuburan batu yang berada diwilayah Nubari, Paga. Unik! Kubur-kubur batu Nuabari adalah salah satu warisan kebudayaan megalitikum di Indonesia.  Lagi, akses jalan masih merupakan kendala, namun menarik untuk digeluti!

 4. Air Terjun Murusobe!
Salah satu destinasi yang baru dikenal dan masih minim promosi!. Air Terjun Kembar Murusobe terdapat di Kecamatan Tanawawo. Dengan tinggi kira-kira 100 meter, destinasi ke wilayah ini merupakan tantangan. Jalan rusak parah, hingga mencapainya membutuhkan ketabahan dan fisik prima.! Rangkaian ke Murusobe bisa dilanjutkan dengan mengunjugi sebuah gua unik. Gua yang dari dalam liang mengeluarkan angin sangat kencang.
Begitu juga di Loke sebelum Murusobe, terdapat sebuah kepala tanpa badan. Jasad berkepala raksasa ini dikenal sebagai nenek moyang suku Loke yang telah berusia lebih dari 14 generasi. Kepala ini tersimpan dalam batu.Anda bisa melihat kepala raksasa yang cukup beasr ini, tentu dengan pemandu dari anak-anak suku Loke!

5. Patung Kristus Maulo'o
Terdapat diperbukitan Maulo'o. Patung kristus ini bisa dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata rohani. Patung yang menghadap ke arah pantai khusus dibangun serta dipercaya oleh masyarakat Paga, Mauloo dan sekitarnya di Flores, mampu menolak bala, bencana maupun gelombang Tsunami.
Patung Yesus Kritus Sang Raja bertinggi sekitar 10 Meter. Kokoh berdiri diantara alang-alang dan rerumputan. Patung ini belum lama dibuat, dibangun oleh seseorang dari desa setempat yang tidak diketahui namanya. sebagai bentuk ucapan syukur, rasa terimkasih kepada Sang Juruselamat Yesus Kristus.

Lio di Kabupaten Skka memang unik, khas dan menarik. Selain rangkaian destinasi diatas, masih banyak hal menarik lainnya. Keunikan makin bertambah dengan warisan budaya Lio, makanan dan tentu saja adat istiadat.

Salah satu oleh-oleh yang pantas dicari adalah tenun ikat, makanan laut dan wogi. Wogi adalah sambal khas orang warga setempat. Rasanya unik dengan kadar garam tinggi, selalu dicari para pengunjung saat mengunjugi wilayah selatan ini.

Ya, rangkian ini bertambah menarik sebab berdekatan dengan Danau Kelimutu. Jika memgunjugi Kelimutu dan hendak ke Maumere, singgahlah disini, berleha-leha melepas penat dipantainya yang cantik sambil menikmati gurihnya ikan laut dan gemuruhnya nyanyian ombak Paga Beach!

foto: Emanuel Susento
www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Lima Destinasi Menggiurkan di Lio! | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---